Mem-Program dengan Python Menggunakan Enthought Canopy

Untuk menulis program, kamu butuh lingkungan pemprograman untuk meningkatkan produktifitas. Begitu juga Python, Enthought Canopy membawa paket terintegrasi distribusi berbagai tool Python. Enthought Canopy menyediakan one-click Python installation, user-friendly Package Manager, integrated analysis environment yang menyediakan 100+ paket Python termasuk di dalamnya paket utama scientific dan analytic seperti NumPy, SciPy, Pandas, Matplotlib, IPython dan lain sebagainya.

instalasi-enthought-canopy

Unduh  dari link https://store.enthought.com/downloads/. Pilih paket instalasi sesuai dengan Sistem Operasi yang terinstal di komputer.  Enthought Canopy mendukung Windows, Mac dan Linux, baik 32-bit maupun 64-bit. Tulisan ini menggunakan Windows sebagai Sistem Operasi.

Python Environment

python-environment-enthought-canopy

Setelah instalasi selesai, langkah terakhir adalah mengatur lingkungan Python (Python Environment) di sistem yang berjalan. Kamu dapat mengubah direktori lingkungan Python sesuai dengan kubutuhan.

Selanjutnya, Canopy akan menanyakan apakah distribusi Python dari Canopy sebagai lingkungan default. Pilih “Yes” jika menginginkan, atau pilih “No” jika kamu sudah memiliki lingkungan Python dari distribusi lain.

python-environment-enthought-canopy-default

Aplikasi Canopy

Selain menyertakan distribusi Python 2.7 dan berbagai paket scientific, disertakan pula aplikasi yang dinamakan Canopy. Aplikasi ini terdiri dari Advance Text Editor dengan syntax highlighting, Python code auto-completion, dan error checking, Paket Manager Grafis, Dokumentasi Online, dan On demand Training yang terintegrasi.

Jika kamu belum memiliki akun Enthought, silahkan daftar melalui aplikasi Canopy. Atau silahkan login jika sudah mendaftar sebelumnya. Dengan akun tersebut, kamu dapat menikmati fitur-fitur gratis dari Enthought.

aplikasi-canopy-python

Kode Editor

enthought-canopy-code-editor-python

Pada aplikasi Canopy, pilih “Editor”. Kode Editor Canopy terdiri dari 3 bagian, yaitu File Browser, Kode Editor dan Python pane yang terintegrasi dengan IPython.

Untuk mencoba, silahkan ketikkan contoh ekspresi di bawah ini dengan IPython dan lihat hasilnya:

4+6
'hallo'

Buatlah satu file Python dan coba ketikkan kode berikut, kemudian klik icon Run.

pi = 3.14159
radius = 11.2
print pi * radius

Leave a Reply

%d bloggers like this: