Mengulas Fitur Audio Pada Ubuntu 10.10 (Maverick)

Rhythmbox terintegrasi dengan Sound Applet

Komputer kini dipakai untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan sampai dengan hiburan. Sistem operasi bebas Ubuntu juga menyediakan berbagai fitur multimedia yang dapat dinikmati oleh pengguna. Saat instalasi pertama, ada beberapa fungsi multimedia yang belum dapat digunakan, atau ada fitur multimedia yang belum diketahui.

Berikut beberapa ulasan tentang fitur multimedia seperti gambar, audio dan video yang ada pada Maverick (Ubuntu 10.10)

Mengaktifkan Restricted Extras

Saat selesai menginstal Ubuntu pertama kali, pengguna tidak bisa menjalankan format audio dan video berlisensi seperti mp3 atau mp4 dan juga Flash Movie. Ubuntu tidak menyertakan di CD instalasi karena alasan lisensi. Tapi jangan khawatir, pengguna dapat menginstal format-format audio dan video yang terestriksi tersebut. Anda dapat menginstal paket “Ubuntu Restricted Extras” melalui Ubuntu Software Center.

Jalankan Ubuntu Software Center dari menu “Application”, lalu lakukan pencarian “Ubuntu Restricted Extras”. Ubuntu Software Center akan memunculkan paket “Ubuntu Restricted Extras”, klik tombol “Instal” untuk mengintal paket tersebut.

multimedia ubuntu extras
Menginstal Ubuntu Restricted Extras

Mendengarkan Audio dari File Manager

Salah satu yang menarik pada File Manager Nautilus yang terinstal di Ubuntu adalah mendengarkan file-file format audio seperti musik, langsung dari File Manager. Buka file audio pada File Manager, dapat dibuka di menu “Places >> Music”, arahkan kursor ke atas icon file dengan format audio, dan dengarkan ketika File Manager Nautilus langsung memainkan file format audio tersebut.

multimedia sound filemanager
Menjalankan File Audio dari File Manager

Rhythmbox Terintegrasi dengan Sound Applet

Fitur yang baru ada di Maverick adalah pengintegrasian pemutar musik Rhythmbox di Sound Applet. Jalankan aplikasi Rhythmbox dari menu “Application >> Sound & Video >> Rhythmbox Music Player” dan putar lagu yang Anda sukai, kemudian tutup jendela Rhythmbox. Anda masih bisa mendengarkan musik dan menjalankan navigasi pemutar musik langsung dari Sound Applet.

multimedia rhythmbox sound
Rhythmbox terintegrasi dengan Sound Applet

2 thoughts on “Mengulas Fitur Audio Pada Ubuntu 10.10 (Maverick)

    1. yg terbiasa dengan perintah shell lebih enak pakai apt-get emang,,, klo gui dulunya suka pakai synaptic,, tapi Ubuntu udah ada fasilitas Ubuntu Software Center yg lebih user friendly untuk pengguna desktop…. 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: