Wammu dan Gammu, Mengirim dan Menerima SMS Lewat Komputer

wammu message list
Mengelola SMS dari perangkat komputer dengan Wammu dan Gammu

Wammu dan Gammu adalah dua program yang digunakan untuk mengatur data di cell phone (handphone) seperti mengatur kontak, kalender dan pesan / SMS. Jika Gammu adalah perangkat lunak komputer berbasis perintah teks (command line), maka Wammu adalah perpanjangan tangan dari Gammu yang digunakan untuk mengelola data handphone dengan menggunakan tampilan berbasis grafik (Graphic User Interface / GUI).

Butuh keahlian tersendiri untuk mengelola data-data handphone dengan menggunakan Gammu, terutama untuk operasi-operasi khusus untuk mengoptimalkan kinerja Gammu sebagai perangkat lunak untuk mengelola data handphone. Boleh dikatakan Gammu adalah penghubung (gateway) yang menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat handphone, pada penggunaan khusus Gammu dapat digunakan sebagai SMS Gateway. Sedangkan Wammu dibuat untuk memudahkan proses kerja Gammu, sehingga pengguna yang tidak atau belum mempunyai keahlian lebih dalam mengelola data handphone, dapat menggunakan Gammu dengan bantuan Wammu sebagai antar muka dalam bentuk grafis. Dengan Wammu, Anda dapat mengelola pesan, kontak, maupun kalender dengan mudah dan cepat melalui perangkat komputer seperti komputer pribadi dan Notebook / Netbook.

Baik Gammu atau Wammu, kedua perangkat lunak ini adalah perangkat lunak bebas (free software) dan juga berbasis sumber terbuka (open source) sehingga siapa pun secara bebas dapat mengunduh (download) dan menggunakannya. keduanya adalah Dapat dijalankan untuk sistem operasi Linux maupun Windows.

Saung FOSS kali ini memberikan tutorial praktis menggunakan Wammu untuk mengelola data yang ada di handphone melalui perangkat komputer. Sistem operasi yang digunakan adalah Ubuntu 10.04 dengan perangkat handphone Sonyericsson K700i, koneksi yang digunakan dengan media Bluetooth.

Menginstall Paket Aplikasi Wammu dan Gammu

Untuk menginstal Wammu di Ubuntu dapat menggunakan aplikasi Synaptic Package Manager. Dari jendela aplikasi Synaptic Package Manager, Anda dapat mencari (fasilitas search) dengan kata kunci pencarian “wammu”. Setelah menemukan paket “Wammu” di package list, beri tanda agar paket tersebut akan diinstal. Ketika menginstal Wammu, perangkat lunak lain baik library (pustaka) atau aplikasi lain yang dibutuhkan akan secara otomatis terinstal, termasuk Gammu di dalamnya.

package manager - wammu
menginstal Paket Wammu di Synaptic Package Manager

Konfigurasi Awal

Saat paket aplikasi Wammu telah terinstal, Anda dapat menjalankan Wammu dari menu “Applications >> Accesories >> Wammu”. Saat pertama kali aplikasi Wammu dijalankan, aplikasi akan meminta untuk melakukan konfigurasi pertama dengan menggunakan “Wammu Phone Configuration Wizard”. Pada saat jendela “Wammu Phone Configuration Wizard” muncul, pastikan perangkat handphone telah terhubung dengan perangkat komputer, baik menggunakan kabel data, infrared (IrDA), atau dengan Bluetooth.

konfigurasi wammu
Jendela Wammu Phone Configuration Wizard untuk memudahkan melakukan konfigurasi perangkat handphone di Wammu

Pada jendela selanjutnya, Anda memilih bagaimana cara konfigurasi dilakukan. Pilih opsi “Automatically search for a phone” agar Wammu mencari perangkat handphone secara otomatis.

konfigurasi wammu
Cara Melakukan Konfigurasi di Wammu

Selanjutnya memilih tipe koneksi. Karena koneksi yang digunakan menggunakan Bluetooth, maka maka opsi yang dipilih adalah “Bluetooth”. Anda bisa menyesuaikan tipe koneksi sesuai dengan koneksi handphone ke perangkat komputer yang dipakai.

konfigurasi wammu
Memilih tipe koneksi ke perangkat handphone

“Wammu Phone Configuration Wizard” akan mencari perangkat handphone yang telah terhubung ke komputer. Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian selesai dan menemukan perangkat handphone yang telah terhubung. Jika berhasil menemukan perangkat handphone yang telah terhubung, Wammu akan memunculkan jendela “Select phone”, pilih perangkat handphone yang telah ditemukan.

konfigurasi wammu
Proses pencarian perangkat handphone
konfigurasi wammu
Pilih perangkat handphone yang telah ditemukan

Jika semua proses berjalan dengan lancar, jendela “Wammu Phone Configuration Wizard” akan memunculkan informasi tentang handphone berupa Manufacturer dan Modelnya. Langkah terakhir adalah memberi nama untuk mengidentifikasi handphone yang telah terhubung.

konfigurasi wammu
Koneksi dengan perangkat handphone berhasil dilakukan
konfigurasi wammu
Memberikan nama untuk mengidentifikasi handphone yang telah terhubung

Mengkoneksikan perangkat handphone

Setelah berhasil melakukan konfigurasi perangkat handphone, selanjutnya adalah mengkoneksikan perangkat handpone yang telah terdaftar di Wammu, agar Wammu dapat mengelola data yang ada di handphone. Klik menu “Phone >> Connect” dari jendela aplikasi Wammu.

wammu connect
Mengkoneksikan perangkat handphone di Wammu

Mengambil data di handphone

Anda dapat mengambil data yang ada di perangkat handphone untuk dikelola oleh Wammu. Caranya dapat diakses dari menu “Retrieve”. Data yang dapat diambil diantaranya:

  • Kontak, diakses dari menu “Retrieve >> Contact”.
  • Even Kalender, diakses dari menu “Retrieve >> Calendar Event”.
  • Todo, diakses dari menu “Retrieve >> Todo”.
  • Pesan / SMS, diakses dari menu “Retrieve >> Message”.
wammu receive
Menu untuk mengambil data yang tersimpan di perangkat handphone

Mengelola Pesan / SMS lewat Komputer

Dengan Wammu, Anda dapat menerima dan mengirim pesan dengan cepat dan mudah. Pesan dapat diketik lewat perangkat komputer, kemudian Wammu akan menghubungkan ke perangkat handphone agar pesan dapat dikirim. Terlebih dahulu ambil pesan yang ada di handphone dari menu “Retrieve >> Message” untuk memunculkan pesan-pesan yang masuk. Daftar pesan masuk dapat dilihat dari tree view “Phone >> Messages” yang ada di sidebar sebelah kiri.

wammu message list
Daftar pesan yang diambil dari perangkat handphone

Cara untuk mengirim pesan dapat dilakukan dengan mengakses menu “Create >> Message”. Pada jendela “Composing SMS”, masukan nomer handphone penerima pada kotak “Recipeint’s number” dan masukkan pesan di kolom teks paling bawah.

wammu message create
Mengirim SMS dari Wammu

Mengatur Kontak

Ketika mengirim SMS di Wammu, Anda dapat memasukkan nomor penerima yang telah tersimpan  di  kontak yang ada pada perangkat handhone. Sebelum menggunakan kontak yang tersimpan di handphone, yang harus dilakukan adalah mengambil kontak yang tersimpan di perangkat handphone, caranya dengan mengakses menu “Retrieve >> Contact”.

Selain mengambil kontak yang tersimpan di perangkat handphone, Wammu juga mempunyai fasilitas untuk menambahkan kontak. Caranya dengan mengakses menu “Create >> Contact”. Pada jendela “Creating new contact”, masukkan nama dan nomer handphone.

wammu create
Daftar kontak dan Menu untuk membuat kontak
wammu create contact
Membuat kontak baru

Perangkat Handphone yang didukung

Wammu dan Gammu mendukung berbagai vendor perangkat handphone diantaranya Nokia, Sonyericsson, Motorola, Samsung, Siemens, Huawei dan lainnya. Untuk mengetahui secara detil perangkat handphone apa saja yang didukung Wammu dan Gammu dapat dilihat di http://wammu.eu/phones/

Informasi tentang Wammu dan Gammu

Anda dapat melihat lebih detil tentang Wammu dan Gammu dari situs resminya di alamat http://wammu.eu/. Dari situs web tersebut Anda bisa mendapatkan informasi lebih jauh tentang perangkat lunak Wammu dan Gammu, baik dari sisi fitur, fasilitas, dokumentasi dan penggunaan, dan lain sebagainya.

Hosting Gratis

3 thoughts on “Wammu dan Gammu, Mengirim dan Menerima SMS Lewat Komputer

  1. Pingback: Nazrul Alfiansyah

Leave a Reply

%d bloggers like this: