Yang Terbaru di Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)

desktop thumb
Tampilan Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)

Bagi pengguna dan pecinta Ubuntu, terutama komunitas Open Source, mungkin sudah tidak sabar menantikan rilis terbaru Ubuntu 10.04 yang diberi nama ‘Lucix Lynx’, yang secara resmi akan dirilis pada tanggal 29 April ini. Sebagian komunitas mungkin sudah menikmati versi alpha, beta, bahkan release candidate untuk menjajal fitur-fitur apa saja yang ada di rilis terbaru sekaligus testing keunggulan yang diberikan di Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)

Banyak improvisasi, penambahan fitur dan perbaikan di versi terbaru, mulai dari Lingkungan desktop (GNOME / KDE) terbaru, proses booting Ubuntu yang lebih cepat, tampilan theme (tema), maupun aplikasi-aplikasi yang terpasang di Ubuntu 10.04.

Saung FOSS mencoba berbagi pengalaman menggunakan Ubuntu 10.04, dengan mencoba versi beta dan release candidate untuk menjajal ketangguhan Ubuntu 10.04. Komunitas dapat melihat seberapa jauh Ubuntu 10.04 dapat memenuhi kebutuhan menggunakan komputer desktop.

Akses Jejaring Sosial, Email, dan Chat secara Langsung

Inilah bagian yang paling menarik pada Ubuntu 10.04, bagi Anda yang selalu terhubung dengan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Identi.ca, atau situs jejaring sosial lainnya, dapat mengakses semuanya langsung dari Panel. Dengan aplikasi Gwibber yang terintegrasi, Anda dapat langsung posting atau mengirim status dengan cepat dan mudah.

Chat dengan teman atau rekan menjadi lebih mudah, aplikasi Empathy yang digunakan di Ubuntu 10.04 mendukung Yahoo Messenger, Gmail, MSN, Jabber, AOL, QQ dan layanan lainnya. Langsung dari Panel, dapat diaktifkan layanan chat yang diinginkan, sekaligus memasang status ‘Avaliable’, ‘Busy’, atau lainnya.

Chat dengan Empathy
Chat dengan teman atau rekan menggunakan Empathy yang mendukung YM, GTalk, MSN, dll. Akses dengan mudah dan langsung dari Panel.
Gwibber Social Broadcast
Tetap terhubung dengan Jejaring Sosial Facebook, Identi.ca, Twitter, dan lainnya dengan menggunakan Gwibber

Begitu pula ketika Anda hendak mengirim pesan, fitur compose (mengirim) pesan baru dapat langsung diakses dari Panel. Aplikasi Evolution yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima email, fasilitas kontak sekaligus kalender, terintegrasi dalam satu panel dengan Gwibber untuk Jejaring Sosial dan Empathy untuk chatting, kebutuhan online Anda menjadi lebih cepat dan mudah ^_^

Evolution Email Client
Email, kontak dan kalender dalam satu aplikasi Evolution, sudah diintegrasikan ke Panel membuat mudah dan cepat dalam mengirim atau mengecek email yang masuk.

Tampilan Baru

Untuk lingkungan desktop (Desktop Environment), Ubuntu 10.04 menggunakan rilis GNOME 2.3, rilis terbaru pada akhir bulan Maret kemarin. Dengan salah satu moto ‘just work’ yang diberikan GNOME, membuat lingkungan desktop dapat digunakan dengan mudah oleh siapa pun, pengguna awam sekali pun. Yang menarik dari GNOME 2.3 adalah tambahan fitur Extra Pane pada aplikasi Nautilus File Manager.

Nautilus File Manager
Extra Pane, fitur tambahan di Nautilus File Manager membuat Anda mudah melihat dan mengatur file-file di desktop
About Gnome
GNOME 2.3, rilis terbaru dengan berbagai perbaikan dan penambahan fitur, 'Just Work' membuat siapa pun dapat menggunakan lingkungan desktop

Untuk antar muka theme (tema) secara bawaan menggunakan dua theme yaitu Ambiance and Radiance, membuat desktop Ubuntu semakin indah dan nyaman untuk digunakan baik untuk bekerja maupun untuk hiburan.

Tampilan Desktop
Dengan tampilan theme baru bawaan Ubuntu, membuat desktop semakin indah dan nyaman untuk digunakan

Koneksi Jaringan

Koneksi jaringan menjadi begitu mudah, fitur Network Manager yang tersedia dalam panel kanan atas secara otomatis menditeksi perangkat jaringan yang tersedia di komputer, Untuk pengguna Notebook atau Netbook atau perangkat bergerak lainnya yang memiliki perangkat WiFi, Network Manager dapat mendeteksi keberadaan access point / hotspot yang tersedia dan langsung mengkoneksikannya, cukup mudah untuk akses internet dari cafe atau tempat umum yang menyedian akses hotspot.

Network Manager
Dengan Network Manager, membuat mudah terhubung ke jaringan internet, fitur Network Manager secara otomatis mendeteksi jaringan yang tersedia

Jika koneksi jaringan memberikan sambungan secara otomatis (IP dinamis, seperti DHCP pada jaringan kabel atau WiFi / Hotspot), Network Manager akan memberikan tanda jaringan tersedia dan langsung terkoneksi. Atau jika jaringan yang tersedia memakai IP statis, maka fitur Network Manager menyediakan fasilitas pengaturan IP (Internet Protocol) yang tersedia di jaringan tersebut.

Berselancar di Web

Mozilla Firefox, Browser Open Source populer mendukung standar web dan HTML 5, Anda bisa browsing situs-situs favorit, akses GMail, Yahoo Mail, atau mengakses jejaring sosial Facebook, Twitter, Identi.ca dan lain sebagainya. Firefox rilis terbaru versi 3.6 disertakan di Ubuntu 10.04.

Firefox Browser
Berselancar ke situs-situs favorit, akses GMail & Yahoo Mail, atau situs jejaring Facebook, Twitter atau Identi.ca menjadi menyenangkan dengan Firefox

Aplikasi Kantoran

Membuat dokumen, spreadsheet, atau presentasi dengan aplikasi OpenOffice.org. Aplikasi untuk kantoran Open Source kaya fitur yang tak kalah dengan aplikasi kantoran komersil. Dapat menyimpan berbagai format dokumen populer termasuk kompetibel dengan format dokumen Microsoft Office (doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx, dan lainnya).

OpenOffice.org Writer
membuat dokumen menjadi mudah dengan OpenOffice.org Writer, mendukung format file Microsoft Word (.doc dan .docx)
OpenOffice.org Impress
Melihat dan membuat presentasi dengan OpenOffice.org Impress, Anda bisa membuka atau menyimpan dengan format file .ppt atau .pptx

Multimedia

Menjalankan video kesukaan dengan aplikasi Totem Movie Player, baik yang tersimpan di komputer atau langsung akses lewat Internet. Dan aplikasi mendengarkan musik dengan Rhythmbox. Anda dapat mengorganisir file-file musik yang ada di komputer dengan fitur library Rhythmbox, untuk memudahkan mencari koleksi musik yang disuka.

Totem Movie Player
menjalankan video kesukaan dengan Totem Movie Player baik yang tersimpan di komputer atau langsung akses lewat Internet
Rhythmbox Music Player
Putar musik dengan Rhythmbox, atur file-file musik kesukaan, atau akses langsung musik lewat layanan musik yang tersedia di Intenet

Fitur terbaru yang menarik adalah Ubuntu One Music Store, dapat membeli musik-musik kesukaan, dan disimpan di Ubuntu One yaitu Personal Cloud Computing (Komputasi Awan Pribadi) yang telah ada sejak Ubuntu 9.10, Ubuntu memberikan 2 GB free penyimpanan gratis.

Ubuntu One Music Store
Cari koleksi musik-musik kesukaan Ubuntu One Music Store, dan simpan di penyimpanan 2 GB gratis dari Ubuntu One

Long Term Support di Lucid Lynx

Ubuntu secara periodik merilis versi terbaru setiap enam bulan, bertujuan untuk memastikan pengguna menggunakan aplikasi terbaru, serta 18 bulan untuk update keamanan. Tidak seperti Ubuntu 9.04 atau 9.10 yang menggunakan rilis standar setiap 6 bulan,  Ubuntu 10.04 menggunakan Long Term Service (LTS).

Dengan Long Term Support (LTS) pengguna mendapatkan 3 tahun support untuk Ubuntu Desktop dan 5 tahun untuk Ubuntu Server, tidak ada biaya apa pun untuk mendapat Long Term Support (LTS) . Ini artinya Ubuntu mendukung lebih lama terhadap perangkat lunak dan kompetibelitas perangkat keras dan cocok untuk pengguna perorangan atau bisnis membuat investasi teknologi menggunakan Ubuntu sebagai Sistem Operasi dan perangkat lunak yang di dukung

Dan terakhir, ringkasan dari itu semua, baik sistem operasi maupun aplikasi-aplikasi di dalamnya semua di dapatkan gratis tanpa perlu membayar lisensi ^_^

Referensi:

2 thoughts on “Yang Terbaru di Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx)

  1. jangan lupa upgrade, fitur Media Manager baru cukup menarik dan tema Twenty Twelve tampilannya bisa menyesuaikan dengan berbagai device, termasuk di hp

Leave a Reply

%d bloggers like this: