Mengenal Distribusi Linux dan Paket Manager

synaptic package manager thumb
Synaptic Package Manager

Dari sekian banyak Distribusi Linux atau yang sering dikenal dengan sebutan Distro, sebenarnya dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian, berdasarkan basis apa yang digunakan dalam distro tersebut.

Distro atau Distribusi Linux merupakan sebutan untuk sistem operasi berbasis kernel Linux yang di dalamnya sudah disertakan paket-paket aplikasi yang dapat digunakan pengguna, baik pengguna terakhir (end-user), untuk administrasi sistem, maupun untuk pengembangan (karena berbasis open source, pengembang perangkat lunak dapat mengembangkan kembali aplikasi-aplikasi yang ada).

Ada 3 Distro utama:

  • Berbasis Debian: Debian, Ubuntu, Dreamlinux, Knoppix, Kuliax, BlankOn, dll
  • Berbasis RPM (Redhat) : Fedora (Redhat), CentOS, Mandriva, PCLinuxOS, IGOS, dll
  • Berbasis Slackware : Slackware, Zenwalk Linux, Singkong Linux, dll

Paket Manager (Package Manager)

Yang disebut paket manager adalah sekumpulan tools / aplikasi yang digunakan untuk otomatisasi proses instalasi, upgrade (memperbaharui), dan remove (menghapus) dari paket perangkat lunak (software) atau aplikasi. Setiap Distribusi Linux menyediakan paket manager untuk memudahkan pengguna atau pun sistem administrasi mengolah paket-paket aplikasi yang ingin diinstal, diperbaharui (upgrade), atau dihapus (uninstall / remove). Paket manager bisa berupa GUI (Graphic User Interface / tampilan grafis) atau CLI (Command Line Interface / berbasis perintah baris), untuk distribusi Linux pada komputer desktop biasanya paket manager sudah berbasis GUI, sedangkan kebanyakan untuk distribusi Linux yang diperuntukan komputer server masih menggunakan paket manager berbasis CLI.

Synaptic Package Manager
Synaptic Package Manager, Package Manager berbasis GUI yang biasanya digunakan Distro Linux berbasis Debian

Biasanya, setiap distro menyediakan paket manager yang berbeda-beda, bisa tergantung dari berbasis apa yang digunakan, atau bisa jadi distro tersebut mengembangkan sendiri paket manager.

Berikut basis paket manager yang dipakai dari ke-3 distro utama :

  • Dpkg & APT (Advanced Packaging Tool), digunakan pada distro berbasis debian,
  • RPM Package manager, digunakan untuk distro berbasis RPM (Redhat)
  • TGZ, digunakan pada distro berbasis slackware

Dari tiga basis paket manager tersebut, pengembang Distro Linux tertentu maupun komunitas dapat mengembangkan paket manager di masing-masing Distro Linux untuk memudahkan pengguna atau administrator sistem mengolah aplikasi atau perangkat lunak di Sistem Operasi berbasis Linux.

PacketKit, Package Manager
PacketKit, aplikasi package manager yang digunakan oleh Fedora, OpenSUSE, Kubuntu dan Distro Linux lainnya (Sumber: Packagekit.org)

One thought on “Mengenal Distribusi Linux dan Paket Manager

Leave a Reply

%d bloggers like this: