Cara Asyik Baca Komik

Comix, Aplikasi ringan untuk baca komik (sumber: comix.sourceforge.net)

Jika Anda adalah pecinta komik, cerita bergambar atau sejenisnya, ada cara yang asyik membaca komik atau cerita bergambar tersebut lewat PC, Laptop, Netbook, atau perangkat komputer sejenis yang mendukung sistem operasi berbasis Linux. Aplikasi yang cukup bermanfaat tersebut bernama Comix (http://comix.sourceforge.net/), aplikasi open source berlisensi GPL ini didesain untuk kebutuhan pengguna untuk membaca buku komik atau buku bergambar lainnya dengan mudah.

Dari situs project Comix bisa kita lihat informasi tentang aplikasi ini, merupakan sebuah aplikasi image viewer (penampil gambar) yang telah disesuaikan untuk kebutuhan user membaca komik lewat perangkat komputer. Sebenarnya aplikasi ini membaca file gambar untuk ditampilkan dan diatur sedemikian rupa, sehingga pengguna bisa melihat gambar sesuai dengan keinginan. Comix juga dapat membaca gambar yang sudah dipadatkan (archived / compressed) dalam bentuk ZIP, RAR, atau archive tar (meliputi gzip dan bzip2).

Di Internet, kini banyak sekali komik-komik online, Anda dapat download file-file tersebut yang biasanya berbentuk gambar dan disimpan di perangkat komputer kemudian membacanya secara offline dengan Comix, jadi tanpa koneksi internet pun Anda bisa menikmati komik-komik yang telah Anda download. Kumpulkan gambar-gambar tersebut, kemudian di-archive menjadi sebuah file yang telah terkompres menjadi satu file dan dibaca lewat Comix.

Aplikasi kecil tapi memenuhi kebutuhan pengguna, dilengkapi sistem navigasi halaman seperti pindah ke halaman berikutnya, ke halaman sebelumnya, ke halaman awal dan akhir, juga di side pane terdapat thumbnail halaman. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai mode tampilan gambar di layar untuk menyesuaikan bentuk mode mana yang cocok dengan display perangkat komputer, seperti ‘fit width mode‘ menyesuaikan dengan lebar layar, ‘fit height mode‘ menyesuaikan dengan tinggi layar, atau ‘manual zoom mode‘ untuk menyesuaikan secara manual.

Yang menarik lagi disediakan fitur ‘double page mode‘ yang menampilkan 2 gambar sekaligus dalam satu layar tampilan, layaknya buku komik atau buku gambar. Jika komik yang Anda baca berjenis komik manga (komik Jepang), gunakan fasiliyas ‘Manga mode‘ untuk membaca komik dari kanan ke kiri, sangat flexibel.

Selain itu, jika Anda mempunyai berbagai koleksi komik yang sudah dikumpulkan dalam dalam bentuk file-file komputer, Comix menyediakan fasilitas ‘Library’ yang mengijinkan Anda mengatur koleksi-koleksi komik dengan mudah.

Membaca Komik & Cerita Bergambar dengan Mudah

Aplikasi ini tersedia dalam berbagai distribusi Linux, Anda bisa menginstal langsung lewat fasilitas Package Manager di distribusi Linux yang digunakan, atau kunjungi: http://comix.sourceforge.net/

Hosting Gratis

One thought on “Cara Asyik Baca Komik

  1. kalau aku untuk baca komik biasanya baca di http://www.ngomik.com. Disana banyak komik lokal indonesia, selain lewat website juga ada aplikasi androidnya untuk baca komik, search aja di android market dengan keyword ‘ngomik’

Leave a Reply

%d bloggers like this: