Membackup Data ke CD / DVD di Ubuntu Linux Dengan CD/DVD Creator

ubuntu writedvd2 thumb
Membakar DVD di Ubuntu

Jika Anda hendak membackup data ke CD / DVD di Linux Desktop, Anda bisa menggunakan perkakas (tools) ‘CD / DVD Creator’. Tutorial ini menggunakan Ubuntu Linux sebagai sistem operasi berbasis GNU/Linux yang banyak dipakai, jika Anda menggunakan distribusi Linux Desktop lain, panduan ini bisa jadi digunakan jika desktop environment yang digunakan adalah GNOME.

Di Ubuntu, disediakan fasilitas CD / DVD Creator untuk membakar (burning) data-data ke CD / DVD. CD / DVD Creator sendiri adalah salah satu fitur dari aplikasi pembakar CD / DVD di GNOME bernama Brasero yang diintegrasikan ke Nautilus File Browser (File Manager di GNOME), memudahkan pengguna untuk membakar CD / DVD langsung dari File Browser, hanya ‘drag and drop’ atau copy-paste file-file yang ingin dibakar.

Berikut step-by-step yang dapat diikuti:

  • Jalankan perkakas CD / DVD Creator dari “Accesories >> CD / DVD Creator” atau dengan perintah shell linux :
    $ nautilus –no-default-window –no-desktop burn:///
  • Anda dapat melakukan ‘drag and drop’ file atau folder yang diinginkan, atau copy file atau folder yang ingin dibakar ke CD / DVD, kemudian paste di Folder ‘CD/DVD Creator’

    CD / DVD Creator di GNOME
    CD / DVD Creator di GNOME
  • Klik icon ‘Write to disc’ jika file atau folder sudah selesai dipilih, jendela ‘Disc Burning Setup’ muncul untuk melakukan beberapa setting sebelum proses pembakaran dimulai. Beberapa setting diantaranya memilih DVD RW yang digunakan di ‘Select a disc to write to’, Memberikan nama di ‘Disc name’, dan opsi ‘Increase compatibility with Windows System’ jika ingin disc yang dibakar ingin kompetibel dengan sistem Windows.

    Setting CD / DVD Creator
    Setting CD / DVD Creator
  • Klik tombol ‘Burn’ jika selesai melakukan setting, selanjutnya proses pembakaran dilakukan. Anda bisa menunggu sampai proses pembakaran selesai

    Proses Pembakaran CD / DVD
    Proses Pembakaran CD / DVD

One thought on “Membackup Data ke CD / DVD di Ubuntu Linux Dengan CD/DVD Creator

Leave a Reply

%d bloggers like this: